MAKALAH
DASAR DASAR SISTEM PEMBELAJARAN DAN PENDEKATAN SISTEM
Makalah Disusun untuk
Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah
Desain
pembeljaran
Dosen Pembimbing
FERY WAHYUDI,
S.Ag.M.Pd.I
Oleh
Kelompok III
PRASTIO WIDODO
SITI KHOMISAH
SUSANTO
MURNI
FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ILMU
TARBIYAH(STIT)
PRINGSEWU
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur marilah kita panjatkan
kehadirat ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya masih diberikan nikmat
sehat, iman, dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang dasar – dasar sistem
pembelajaran dan pendekatan sistem.
Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak
dan Ibu
2. Karyawan
dan Dosen STIT PRINGSEWU
3. Dosen
pengmpu mata kuliah desai
pembelajaran bapak feri wahyudi .
S.Ag,. M.Pd.I
Penyusun
menyadari masih terdapat kekeliruan dalam penyusunan dan penulisan makalah ini
semata-mata datangnya dari diri pribadi yang tak luput rasa khilaf dan
kesempurnaan datangnya dari ALLAH SWT.
Mudah-mudahan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang dasar – dasar sistem pembelajaran dan
pendekatan sistem.
Pringsewu, 21
Januari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDULM..................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1
A.
Latar Belaang Masalah............................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
C. Tujuan Pembahasan.................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................. 3
A.
Konsep Dasar Sistem Pembelajaran...................................................................... 3
B.
Pendekatan Sistem Pembelajaran Pai.................................................................... 4
C.
Konsep Sistem Pembelajaran................................................................................. 5
D.
Ciri-Ciri Pembelajaran........................................................................................... 5
BAB III ANALISIS......................................................................................................... 6
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................... 7
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 7
B. Saran........................................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Banyak
sekolah yang berjalan tanpa adanya sistem yang baik. Semua komponen tidak
terkoordinasi dengan baik. Akibatnya banyak dari komponen itu tidak bejalan
efektif dan efisien.
Padahal
pengajaran berkaitan dengan hal bagaimana guru mengajar serta bagaimana siswa
belajar. Proses pembelajaran ini merupakan suatu kegiatan yang disadari dan
rencananya mencakup tiga hal; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Pengajaran dilakukan dalam waktu yang bekala, baik waktu
untuk jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Program pengajaran
merupakan suatu program bagaimana mengajarkan apa-apa yangsudah dirumuskan
dalam kurikulum. Dewasa ini konsep yang banyak mewarnai pengajaran disekolah
dasar dan sekolah menengah di indonesia adalah konsep teknologi pendidikan.
Khususnya pengajaran sebagai sistem. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami
akan membahas mulai dari konsep tentang sistem, dan pengajaran sebagai suatu
sistem.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa saja Dasar – Dasar sistem pembelajaran ?
2.
Apakah pengertian pendekatan sistem?
3.
Bagaimana pendekatan system pembelajaran PAI?
4. Bagaimana
aplikasi pendekatan sistem pembelajaran PAI?
C.
Tujuan dan Manfaat
1.
Untuk mengetahui Dasar – Dasar sistem pembelajaran
2.
Untuk Mengetahui pengertian pendekatan sistem.
3.
Untuk mengetahui pendekatan sistem pembelajaran PAI..
4.
Untuk mengetahui aplikasi pendekatan sistem
pembelajaran PAI.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Konsep Dasar Sistem Pembelajaran
1.
Pengertian Sistem
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling
berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan
secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.[1]
Ada beberapa
sifat komponen dalam suatu sistem, yaitu:
1.
Dilihat dari fungsinya, ada sistem yang bersifat integral,
yaitu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sistem itu
sendiri. Dan sistem yang bersifat tidak integral, yaitu sistem yang
bersifat pelengkap.
- Setiap komponen dalam suatu sistem saling
berhubungan atau saling berinteraksi, saling mempengaruhi dan saling
berkaitan.
- Setiap komponen dalam sistem merupakan
keseluruhan yang bermakna
- Setiap
komponen dalam sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar
2. Sistem
Pembelajaran
Sistem
pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisasi yang meliputi
unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur
yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
1.
Manusiawi ; guru, siswa, serta orang-orang yang
mendukung pembelajaran
- Material; berbagai bahan pelajaran yang
dapat disajikan sebagai sumber belajar
- Fasilitas dan perlengkapan; segala sesuatu yang
dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran
4. Prosedur;
kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran.
Dengan demikian, tugas seorang
desainer pembelajaran meliputi tiga hal sebagai berikut:
- Sebagai
perencana, yaitu mengorganisasikan semua unsur supaya berfungsi dnegan
baik
- Sebagai
pengelola implementasi sesuai dengan prosedur dan jadwal yang telah
ditentukan.
- Mengevaluasi
keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
3.
Pendekatan sistem pembelajaran PAI
Dalam
undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan
bahwa pendidikan nasional berfungsi unyuk mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepaa tuhan yang maha
esa,berahlakmulia, sehat ,berilmu, cakap, kreatif, mandiri ,dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menurut
tafsir (2002), bagi umat islam dan khususnya dalam pendidikan islam, kompetensi
iman dan taqwa serta memiliki akhlak mulia tersebut sudah lama disadari
kepentinganya, dan sudah diimplementasikan dalam lembaga pendidikan islam.
dalam pandanngan islam, peran kekholifahan manusia dapat direalisasikan melalui
tiga hal yaitu:
1.
Landasan yang kuat berupa iman dan takwa
2.
Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
3.
Akhlak mulia
Dari
beberapa pendapat diatas, maka pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah
kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling
berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan
generasi-generasi yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak
yang mulia .
4. Komponen
sistem pembelajaran
Perencanaan
pembelajaran sebagai suatu sistem maka didalamnya harus memilki
komponen-komponen yang berproses hingga tujuan pembelajaran secara optimal.
Terdapat
beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:
1.
siswa
2.
tujuan
3.
kondisi
4.
sumber-sumber belajar
5. hasil
belajar
5. Ciri-Ciri Pembelajaran
Ada tiga
ciri khas dalam sistem pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh Oemar
Hamalik dalam bukunya kurikulum dan pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1.
Rencana ialah penataan ketenagaan, material, dan
prosedur yang merupakan unsur – unsur sistem pembelajaran dalam suatu rencana
khusus.
2.
Kesalingtergantungan (interdepence), antara unsur “
sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan”. Tiap unsur bersifat
esensial, dan masing masing memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.
3.
Tujuan, sistem pembelajaran mempunyai tujuan tertentu
yang hendak dicapai. Seperti sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem
pemerintahan, semuanya memiliki tujuan [2]
BAB III
ANALISIS
Sistem memiliki karakteristik
sebagai berikut :
Ø setiap sistem pasti memiliki suatu tujuan
Ø sistem selalu mengandung suatu proses
Ø Sistem bukan hanya merupakan cara, tetapi ia mencakup keterlibatan
seluruh komponen-komponen pembentuknya, yang diarahkan untuk mencapai tujuan.
Suatu sistem memiliki ukuran dan batas relatif. Dapat terjadi suatu sistem
tertentu pada dasarnya merupakan subsistem dari suatu sistem yang lebih luas.
Pembelajaran yang dilaksanakan seorang pendidik, pada dasarnya
adalah sebuah sistem, karena pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bertujuan,
yaitu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran merupakan
rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai berbagai komponen.Hal ini perlu
dipahami, karena melalui pemahaman terhadap sistem pembelajaran, minimal guru
akan memahami tentang tujuan pembelajaran atau hasil yang diharapkan, proses
kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan, pemanfaatn setiap kmponen dalam
proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana
mengetahui keberhasilan pencapaian tersebut.
Pemahaman terhadap sistem juga bermanfaat untuk merancang atau
merencanakan sustu proses pembelajaran. Perencanaan sendiri adalah merupakan
proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan.
[3]
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Sistem adalah kumpulan dari sekian banyak komponen
yang saling berintegrasi, saling berfungsi secara kooperatif dan saling
mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
2.
Pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah kumpulan
dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling berfungsi secara
kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan generasi-generasi
yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak yang mulia.
3.
Beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:
a.
Siswa
b. Tujuan
c. Kondisi
d. Sumber-sumber
belajar
e. Hasil
belajar
B. Saran
Dari
pemaparan diatas diharapkan para guru dan calon guru untuk benar-benar memahami
dan mengimplemantasikan konsep-konsep tersebut dengan baik.akhirnya tiada
gading yang tak retak, kami harapkan saran dan krtik yang membangun untuk
kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
B.Uno,
Hamzah.2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1995. pembelajaran PAI, bandung PT remaja rosda karya
http//Pendidikan-info,
blogspot.com/2010/Pendekatan Pendidikan Menurut.Paham html
Sanjaya,
Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Geoger P
Schell,2007, Manajemen Informasi Manajemen, Jakarta : Indeks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar