Breaking News

Rabu, 06 September 2017

MAKALAH DASAR DASAR SISTEM PEMBELAJARAN DAN PENDEKATAN SISTEM

MAKALAH

DASAR DASAR SISTEM PEMBELAJARAN DAN PENDEKATAN SISTEM
Makalah Disusun untuk Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah
Desain pembeljaran
Dosen Pembimbing
FERY WAHYUDI, S.Ag.M.Pd.I
Oleh
Kelompok III
PRASTIO WIDODO
SITI KHOMISAH
SUSANTO
MURNI
 













FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH(STIT)
PRINGSEWU
KATA PENGANTAR



Dengan mengucapkan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya masih diberikan nikmat sehat, iman, dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang dasar – dasar sistem pembelajaran dan pendekatan sistem.
Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak dan Ibu
2.      Karyawan dan Dosen STIT PRINGSEWU
3.      Dosen pengmpu mata kuliah desai pembelajaran bapak feri wahyudi . S.Ag,. M.Pd.I

Penyusun menyadari masih terdapat kekeliruan dalam penyusunan dan penulisan makalah ini semata-mata datangnya dari diri pribadi yang tak luput rasa khilaf dan kesempurnaan datangnya dari ALLAH SWT.
Mudah-mudahan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang dasar – dasar sistem pembelajaran dan pendekatan sistem.


Pringsewu, 21 Januari 2013





Penyusun










DAFTAR ISI


HALAMAN JUDULM..................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1
A.    Latar Belaang Masalah............................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
C.     Tujuan Pembahasan.................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................. 3
A.            Konsep Dasar Sistem Pembelajaran...................................................................... 3
B.            Pendekatan Sistem Pembelajaran Pai.................................................................... 4
C.            Konsep Sistem Pembelajaran................................................................................. 5
D.            Ciri-Ciri Pembelajaran........................................................................................... 5
BAB III ANALISIS......................................................................................................... 6
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................... 7
A.       Kesimpulan.............................................................................................................. 7
B.       Saran........................................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Banyak sekolah yang berjalan tanpa adanya sistem yang baik. Semua komponen tidak terkoordinasi dengan baik. Akibatnya banyak dari komponen itu tidak bejalan efektif dan efisien.
Padahal pengajaran berkaitan dengan hal bagaimana guru mengajar serta bagaimana siswa belajar. Proses pembelajaran ini merupakan suatu kegiatan yang disadari dan rencananya mencakup tiga hal; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Pengajaran dilakukan dalam waktu yang bekala, baik waktu untuk jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Program pengajaran merupakan suatu program bagaimana mengajarkan apa-apa yangsudah dirumuskan dalam kurikulum. Dewasa ini konsep yang banyak mewarnai pengajaran disekolah dasar dan sekolah menengah di indonesia adalah konsep teknologi pendidikan. Khususnya pengajaran sebagai sistem. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami akan membahas mulai dari konsep tentang sistem, dan pengajaran sebagai suatu sistem.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja Dasar – Dasar sistem pembelajaran ?
2.      Apakah pengertian pendekatan sistem?
3.      Bagaimana pendekatan system pembelajaran PAI?
4.      Bagaimana aplikasi pendekatan sistem pembelajaran PAI?
C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Untuk mengetahui Dasar – Dasar sistem pembelajaran
2.      Untuk Mengetahui pengertian pendekatan sistem.
3.      Untuk mengetahui pendekatan sistem pembelajaran PAI..
4.      Untuk mengetahui aplikasi pendekatan sistem pembelajaran PAI.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Konsep Dasar Sistem Pembelajaran
1.      Pengertian Sistem
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.[1]
Ada beberapa sifat  komponen dalam suatu sistem, yaitu:
1.      Dilihat dari fungsinya, ada sistem yang bersifat integral, yaitu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sistem itu sendiri.  Dan sistem yang bersifat tidak integral, yaitu sistem yang bersifat pelengkap.
  1. Setiap komponen dalam suatu sistem saling berhubungan atau saling berinteraksi, saling mempengaruhi dan saling berkaitan.
  2. Setiap komponen dalam sistem merupakan keseluruhan yang bermakna
  3. Setiap komponen dalam sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar
2.      Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran adalah suatu kombinasi  terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur  yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
1.      Manusiawi ; guru, siswa, serta orang-orang yang mendukung pembelajaran
  1. Material; berbagai bahan pelajaran  yang dapat disajikan sebagai sumber belajar
  2. Fasilitas dan perlengkapan; segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran
4.      Prosedur; kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran.


Dengan demikian, tugas seorang desainer pembelajaran meliputi tiga hal sebagai berikut:
  1. Sebagai perencana, yaitu mengorganisasikan semua unsur supaya berfungsi dnegan baik
  2. Sebagai pengelola implementasi sesuai dengan prosedur dan jadwal yang telah ditentukan.
  3. Mengevaluasi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
3.      Pendekatan sistem pembelajaran PAI
Dalam undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi unyuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepaa tuhan yang maha esa,berahlakmulia, sehat ,berilmu, cakap, kreatif, mandiri ,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menurut tafsir (2002), bagi umat islam dan khususnya dalam pendidikan islam, kompetensi iman dan taqwa serta memiliki akhlak mulia tersebut sudah lama disadari kepentinganya, dan sudah diimplementasikan dalam lembaga pendidikan islam. dalam pandanngan islam, peran kekholifahan manusia dapat direalisasikan melalui tiga hal yaitu:
1.      Landasan yang kuat berupa iman dan takwa
2.      Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
3.      Akhlak mulia
Dari beberapa pendapat diatas, maka pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan generasi-generasi yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak yang mulia .
4.      Komponen sistem pembelajaran
Perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistem maka didalamnya harus memilki komponen-komponen yang berproses hingga tujuan pembelajaran secara optimal.
Terdapat beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:
1.      siswa
2.      tujuan
3.      kondisi
4.      sumber-sumber belajar
5.      hasil belajar
5.      Ciri-Ciri Pembelajaran
Ada tiga ciri khas dalam sistem pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh Oemar Hamalik dalam bukunya kurikulum dan pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1.      Rencana ialah penataan ketenagaan, material, dan prosedur yang merupakan unsur – unsur sistem pembelajaran dalam suatu rencana khusus.
2.      Kesalingtergantungan (interdepence), antara unsur “ sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan”. Tiap unsur bersifat esensial, dan masing masing memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.
3.      Tujuan, sistem pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Seperti sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem pemerintahan, semuanya memiliki tujuan [2]




BAB III
ANALISIS

Sistem memiliki karakteristik sebagai berikut :
Ø setiap sistem pasti memiliki suatu tujuan
Ø sistem selalu mengandung suatu proses
Ø Sistem bukan hanya merupakan cara, tetapi ia mencakup keterlibatan seluruh komponen-komponen pembentuknya, yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Suatu sistem memiliki ukuran dan batas relatif. Dapat terjadi suatu sistem tertentu pada dasarnya merupakan subsistem dari suatu sistem yang lebih luas.
Pembelajaran yang dilaksanakan seorang pendidik, pada dasarnya adalah sebuah sistem, karena pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bertujuan, yaitu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai berbagai komponen.Hal ini perlu dipahami, karena melalui pemahaman terhadap sistem pembelajaran, minimal guru akan memahami tentang tujuan pembelajaran atau hasil yang diharapkan, proses kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan, pemanfaatn setiap kmponen dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana mengetahui keberhasilan pencapaian tersebut.
Pemahaman terhadap sistem juga bermanfaat untuk merancang atau merencanakan sustu proses pembelajaran. Perencanaan sendiri adalah merupakan proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan. [3]

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Sistem adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi, saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
2.      Pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan generasi-generasi yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak yang mulia.
3.      Beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:
a.       Siswa
b.      Tujuan
c.       Kondisi
d.      Sumber-sumber belajar
e.       Hasil belajar
B.     Saran
Dari pemaparan diatas diharapkan para guru dan calon guru untuk benar-benar memahami dan mengimplemantasikan konsep-konsep tersebut dengan baik.akhirnya tiada gading yang tak retak, kami harapkan saran dan krtik yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini.









DAFTAR PUSTAKA
B.Uno, Hamzah.2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1995. pembelajaran PAI, bandung PT remaja rosda karya
http//Pendidikan-info, blogspot.com/2010/Pendekatan Pendidikan Menurut.Paham html
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Geoger P Schell,2007, Manajemen Informasi Manajemen, Jakarta : Indeks



[1] Geoger P Schell,2007, Manajemen Informasi Manajemen, (Jakarta : Indeks), hal. 03
[2] Oemar hamalik,1995,, pembelajaran PAI, (Jakarta : Grasindo) hal : 66
      [3] Wina jaya 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Bandung : Pustaka Setia )   hal  29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Susanto,S.Pd.I.,S.Kom.