MAKALAH
LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PROGRAM TAHUNAN
Makalah Disusun untuk
Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah
Desain
pembeljaran
Dosen Pembimbing
FERY WAHYUDI,
S.Ag.M.Pd.I
O
L
E
H
SUSANTO
FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ILMU
TARBIYAH(STIT)
PRINGSEWU
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur marilah kita panjatkan
kehadirat ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya masih diberikan nikmat
sehat, iman, dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang langkah-langkah
menyusun program tahunan.
Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak
dan Ibu
2. Karyawan
dan Dosen STIT PRINGSEWU
3. Dosen
pengmpu mata kuliah desai
pembelajaran bapak feri wahyudi .
S.Ag,. M.Pd.I
Penyusun
menyadari masih terdapat kekeliruan dalam penyusunan dan penulisan makalah ini
semata-mata datangnya dari diri pribadi yang tak luput rasa khilaf dan
kesempurnaan datangnya dari ALLAH SWT.
Mudah-mudahan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang langkah-langkah menyusun program tahunan
dapat bermanfaat bagi pembaca.
Pringsewu, 07
Februari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDULM..................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1
A.
Latar Belaang Masalah............................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
C. Tujuan Pembahasan.................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................. 2
A.
Pengertian Program tahunan.................................................................................. 2
B.
Langkah-Langkah menyusun program tahunan.................................................... 3
BAB III ANALISIS......................................................................................................... 5
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................... 6
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 6
B. Saran........................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus
mengetahui tentang perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan
pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang
termasuk salah satunya adalah program satu tahun yang harus disiapkan dalam
suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan
mencuplik agar kita semua bisa mengetahui atas apa itu program tahunan, Dalam kegiatan pendidikan seharusnya para pendidik mengetahui
tentang perencanaan untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran
yang efektif dan efisien, dan dengan perencanaan yang matang maka kegiatan
pendidikan akan mampu berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang ingin
dicapai Program tahunan, program semester, dan pekan
efektif merupakan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam sistem
pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Dengan adanya kebutuhan sebagaimana
diatas maka kami akan memaparkan mengenai program tahunan, program semester dan
pekan efektif serta langkah-langkah penyusunannya
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah program tahunan itu?
2.
Bagaimana cara menyusun program tahunan?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan program tahunan.
2. Untuk mengetahui bagaimana cara menyusun program tahunan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Program Tahunan
Program adalah sederetan kegiatan yang akan
dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu Dalam pengertian program
tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian
tersebut.( Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1, 1988)
Program tahunan
adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan
KD)yang telah ditetapkan. penetapan
alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum
seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada
jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta
keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.( Dr wina sanjaya M.Pd Perencanaan dan desain system pembelajaran, hlm.52 )
Program Tahunan merupakan program umum setiap
mata pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang
hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang
bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum
tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan
program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta
pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan
meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran)
standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan
Program Tahunan merupakan program umum setiap
mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran
yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru
mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan
program-program berikutnya
B.
Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah Penyusunan
Program Tahunan
a.
Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas
sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b.
Menandai hari-hari libur, permulaan tahun
pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu).
Hari-hari libur meliputi
a.
Jeda tengah
semester
b.
Jeda antar semester
c.
Libur akhir tahun
pelajara
d.
Hari libur keagaman
e.
Hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional
f.
Hari libur khusus
g.
Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan
dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
Medistribusikan lokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata
pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai
ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut,
serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.( Ahmad sodiqiy
& Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI
(Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22 )
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk
mengembangkan program tahunan adalah
a. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu
dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis
berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam
gambar alokasi waktu efektif
b. Melalaui
analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk
pelaksanan proses pembelajaran .
Sumber-sumber yang dapat
dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain:
Daftar Standard Kompetensi
sebagai konsensus nasional yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar
Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan Skope dan
Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan materi
pembelajaran, materi pembelajara tersebut disusun dalam pokok-pokok pembahasan
yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai kompetensi dan tujuan pembelajaran
.Skope adalah ruanglingkupdan batasan-batasan keluasan setiap pokok dan sub
pokok bahasan sedangkan Sekuesi adalah urutan logis daripokok dan sub pokok
bahasan. Pengembangan skope dan skuensi ini bias
dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan dapat dikembangkan
dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata pelajaran.
Kalender pendidikan
penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada
efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.
BAB III
ANALISIS
Untuk membantu kemajuan
belajar peserta didik, di samping modul perlu dikembangkan program tahunan
program mingguan dan harian harus dikembangkan . Program ini merupakan
penjabaran dari program semster dan program modul. Melalui program ini dapat
diketahui tujuan-tujuan yang telah dicapai dan yang perlu diulang, bagi setiap
peserta didik. Melalui program ini juga diidentifikasi kemajuan belajar setiap
peserta didik, sehingga dapat diketahui peserta didik yang mendapat kesulitan
dalam setiap modul yang dikerjakan, dan peserta didik yang memiliki kecepatan
belajar di atas rata-rata kelas.
Bagi peserta didik yang
cepat bisa diberikan pengayaan, sedang bagi yang lambat dilakukan pengulangan
modul untuk mencapai tujuan yang belum dica[ai dengan menggunakan waktu
cadangan.
Cara menentukan Pekan
efektif
Ø Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
Ø Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama 1 tahun.
Ø Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam 1 th
dikurang jumlah minggu tidak efektif .
·
Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu
efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu
BAB IV
PENUTUP DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Program tahunan
adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh
kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai.
Program semester merupakan salah satu bagian dai program pembelajaran yang
memuat alokasi waktu untuk setiap topik satuan bahasan pada setiap semester.
Pengalokasian waktu pada program semester deberikan secara lebih rinci daripada
pro ta. Sedangkan Pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada
tahun pelajaran berlangsung. Cara menentukan Pekan efektif
yaitu dengan cara mengurangi jumlah minggu pada satu tahun dengan jumlah minggu
tidak efektif selama satu tahun.
Langkah –langkah menentukan program
tahunan
1.
Menelaah kalender pendidikan.
2.
Menandai hari-hari libur.
3.
Menghitung jumlah minggu efektif.
4.
Medistribusikan
olokasi waktu.
B. Saran
Makalah ini belum begitu lengkap di harapkan kepada mahasiswa untuk mencari
sumber- sumber yang lebih lengkap lagi dan kepada yang sudah menjadi guru harus
tahu tentang program-program yang ada di dalam sekolah kita.
DAFTAR PUSTAKA
Prof.H. Umar
Hamalik, Kurikulum berbasis kompetensi. 2004. Bandung : PT Rosda karya
Drs Darwyn
Syah,M.Pd dkk. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama Islam.
2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Dr.Wina
Sanjaya, M. Pd. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. 2008.
Jakarta : Prenada Media Grup,.
Suharsimi
Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT. BINA AKSARA, 1988)
Ahmad sodiqiy
& Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI
(Samarinda:T.tp, 2011)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar