Breaking News

Rabu, 06 September 2017

MAKALAH LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PROGRAM TAHUNAN

MAKALAH

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PROGRAM TAHUNAN
Makalah Disusun untuk Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah
Desain pembeljaran
Dosen Pembimbing
FERY WAHYUDI, S.Ag.M.Pd.I
O
L
E
H

SUSANTO
 













FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH(STIT)
PRINGSEWU
KATA PENGANTAR



Dengan mengucapkan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya masih diberikan nikmat sehat, iman, dan islam sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang langkah-langkah menyusun program tahunan.
Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak dan Ibu
2.      Karyawan dan Dosen STIT PRINGSEWU
3.      Dosen pengmpu mata kuliah desai pembelajaran bapak feri wahyudi . S.Ag,. M.Pd.I

Penyusun menyadari masih terdapat kekeliruan dalam penyusunan dan penulisan makalah ini semata-mata datangnya dari diri pribadi yang tak luput rasa khilaf dan kesempurnaan datangnya dari ALLAH SWT.
Mudah-mudahan makalah mata kuliah desain pembelajaran tentang langkah-langkah menyusun program tahunan dapat bermanfaat bagi pembaca.


Pringsewu, 07 Februari 2013





Penyusun










DAFTAR ISI


HALAMAN JUDULM..................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1
A.    Latar Belaang Masalah............................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
C.     Tujuan Pembahasan.................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................. 2
A.            Pengertian Program tahunan.................................................................................. 2
B.            Langkah-Langkah menyusun program tahunan.................................................... 3
BAB III ANALISIS......................................................................................................... 5
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................... 6
A.       Kesimpulan.............................................................................................................. 6
B.       Saran........................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA
 BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa mengetahui atas apa itu program tahunan, Dalam kegiatan pendidikan seharusnya para pendidik  mengetahui tentang perencanaan untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dengan perencanaan yang matang maka kegiatan pendidikan akan mampu berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai Program tahunan, program semester, dan pekan efektif merupakan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam sistem pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Dengan adanya kebutuhan sebagaimana diatas maka kami akan memaparkan mengenai program tahunan, program semester dan pekan efektif serta langkah-langkah penyusunannya 

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah program tahunan itu?
2.      Bagaimana cara menyusun program tahunan?

C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan program tahunan.
2.      Untuk mengetahui bagaimana cara menyusun program tahunan.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Program Tahunan
Program adalah sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.( Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1, 1988)
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan. penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.( Dr wina sanjaya M.Pd Perencanaan dan desain system pembelajaran, hlm.52 )
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan program-program berikutnya
B.     Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah Penyusunan Program Tahunan
a.       Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b.      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi        
a.       Jeda tengah semester           
b.      Jeda antar semester
c.       Libur akhir tahun pelajara              
d.      Hari libur keagaman
e.       Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
f.       Hari libur khusus
g.      Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
Medistribusikan  lokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.( Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22 )
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah
a.       Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkandalam gambar alokasi waktu efektif
b.      Melalaui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses pembelajaran .
Sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan program tahunan antara lain:
Daftar Standard Kompetensi sebagai konsensus nasional yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap mata pelajaran yang akan dikembangkan Skope dan Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan materi pembelajaran, materi pembelajara tersebut disusun dalam pokok-pokok pembahasan yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai kompetensi dan tujuan pembelajaran .Skope adalah ruanglingkupdan batasan-batasan keluasan setiap pokok dan sub pokok bahasan sedangkan Sekuesi adalah urutan logis daripokok dan sub pokok bahasan. Pengembangan skope dan skuensi ini bias dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan dapat dikembangkan dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata pelajaran.
Kalender pendidikan penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak peserta didik.












BAB III
ANALISIS

Untuk membantu kemajuan belajar peserta didik, di samping modul perlu dikembangkan program tahunan program mingguan dan harian harus dikembangkan . Program ini merupakan penjabaran dari program semster dan program modul. Melalui program ini dapat diketahui tujuan-tujuan yang telah dicapai dan yang perlu diulang, bagi setiap peserta didik. Melalui program ini juga diidentifikasi kemajuan belajar setiap peserta didik, sehingga dapat diketahui peserta didik yang mendapat kesulitan dalam setiap modul yang dikerjakan, dan peserta didik yang memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata kelas.
Bagi peserta didik yang cepat bisa diberikan pengayaan, sedang bagi yang lambat dilakukan pengulangan modul untuk mencapai tujuan yang belum dica[ai dengan menggunakan waktu cadangan.
Cara menentukan Pekan efektif
Ø  Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
Ø  Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama 1 tahun.
Ø  Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam 1 th dikurang jumlah minggu tidak efektif .
·           Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu




BAB IV
PENUTUP DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai. Program semester merupakan salah satu bagian dai program pembelajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap topik satuan bahasan pada setiap semester. Pengalokasian waktu pada program semester deberikan secara lebih rinci daripada pro ta. Sedangkan Pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Cara menentukan Pekan efektif yaitu dengan cara mengurangi jumlah minggu pada satu tahun dengan jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
Langkah –langkah menentukan program tahunan
1.      Menelaah kalender pendidikan.
2.      Menandai hari-hari libur.
3.      Menghitung jumlah minggu efektif.
4.       Medistribusikan olokasi waktu.

B.     Saran
Makalah ini belum begitu lengkap di harapkan kepada mahasiswa untuk mencari sumber- sumber yang lebih lengkap lagi dan kepada yang sudah menjadi guru harus tahu tentang program-program yang ada di dalam sekolah  kita.



DAFTAR PUSTAKA

Prof.H. Umar Hamalik, Kurikulum berbasis kompetensi. 2004. Bandung : PT Rosda karya
Drs Darwyn Syah,M.Pd dkk. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama Islam. 2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Dr.Wina Sanjaya, M. Pd. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. 2008. Jakarta : Prenada Media Grup,.
Suharsimi Arikunto, Penilaian program pendidikan, Cet 1(Jakarta: PT. BINA AKSARA, 1988)

Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI (Samarinda:T.tp, 2011)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Susanto,S.Pd.I.,S.Kom.